Welcome back

Halo, saya akan menceritakan pengalaman KKN saya di Desa Batuagung, Kabupaten Jembrana, Bali pada bulan Agustus 2014 lalu. Setelah disibukkan oleh urusan Penelitian Lapangan 3 (dimana tingkat ke-stress-annya hampir sama dengan dengan mengerjakan skripsi) akhirnya saya KKN (Kuliah Kerja Nyata) IX Universitas Udayana. 
Jadi bulan Juli saya disibukkan oleh urusan KKN seperti daftar, menyetor berkas-berkas ke Rektorat Bukit Jimbaran, daftar online, pembagian kelompok, pembekalan KKN, observasi tempat KKN dan mecari pondok yang akan ditinggali dan yang terakhir diskusi tentang program yang akan dilaksanakan dengan teman baru dari berbagai fakultas. Setelah bergadang dimana kita berkutat dengan server website kampus yang sangat tidak cepat karena hampir semua mahasisiwa seangkatan mengaksesnya alhasil website menjadi lambat. Beruntung saya mendapatkan lokasi yang dekat dengan kampung halaman yaitu di Desa Batuagung tepatnya di Kabupaten Jembrana, Bali. 
Tepatnya bulan Agustus saya sudah mulai KKN. Pondok alias rumah untuk tinggal juga sudah didapat setelah survei sana sini dan penuh pertimbangan karena pondok ini akan ditempati untuk 25 orang.

Observasi pertama sebelum KKN di Batuagung

Ketemu dengan Bapak Ketua Lingkungan Banjar Anyar

Saya sedang memberikan penyuluhan tentang sikat
gigi yang benar

Anak-anak di Desa Batuagung

Kita ketika penerimaan mahasiswa KKN oleh Kepala 
Desa Batuagung

Berfoto dengan spanduk

Ini ketika rapat evaluasi di malam hari

Kedatangan Pak DPL (dosen pembimbing lapangan)

Memasang bendera plastik dalam rangka
menghias kantor Kepala Desa Batuagung menuju 17 Agustus

Ketika observasi SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum)

Sebelum penanaman pohon

Sebelum berangkat sembahyang

Berfoto dengan Kepala Desa saat observasi pertama

Posko yang ditempati selama sebulan

Hari terakhir dan acara perpisahan dengan masayarakat
Batuagung 

Itulah foto-foto tentang KKN Batuagung yang menyenangkan dan tidak akan pernah saya lupakan. KKN IX Batuagung ini merupakan KKN Unud yang pertama pernah dilakukan di Desa Batuagung.
Setelah KKN, kami pun mulai disibukkan kembali oleh kehidupan kampus masing-masing seperti tugas, dan mulai mengerjakan skripsi. Berharap bisa lulus dengan sangat membanggakan.
Sampai jumpa di lain postingan.

Salam crafter,

Inten

Komentar

Postingan Populer